Isnaeni Nurhayati | 120130080033 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE , EFEKTIFITAS AUDIT INTERNAL , KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN PARTISIPASI PENGANGGARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey Pada Universitas Negeri dan Swasta Di Jawa Barat)

NAMA : Isnaeni Nurhayati
NPM : 120130080033

Ketua Promotor : Prof.Dr. Winwin Yadiati, SE.,M.Si.,Ak.
Anggota Promotor : Dr. Nunuy Nurafiah, SE.,MS.,Ak. 
Anggota Promotor :  Dr. Srihadi Wirnaningsih, SE. MS. Ak

Abstrak

Perguruan tinggi mempunyai peranan dominan karena paling diharapkan masyarakat untuk menjadi motor perubahan. Pendidikan memberikan efek pengali terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi. Pemenuhan atas layanan jasa pendidikan tinggi yang berkualitas memerlukan perhatian dari segenap stakeholder akan pentingnya partisipasi penganggaran dan kinerja manajerial. Banyak faktor yang mempengaruhi partisisipasi penganggaran dan kinerja manajerial, diantaranya adalah good university governance, efektifitas audit internal, dan komitmen organisasional.

Berdasarkan pada pemikiran tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh good university governance, efektifitas audit internal, dan komitmen organisasional terhadap partisipasi penganggaran baik secara simultan maupun parsial ; (2) Pengaruh good university governance, efektifitas audit internal, komitmen organisasional dan partisipasi penganggaran terhadap kinerja manajerial baik secara simultan maupun secara parsial

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan verifikatif dan tipe penelitian kausal yang dilakukan pada 43 universitas di Jawa Barat sebagai unit analisis, sedangkan unit observasinya adalah Rektor, Audit Internal Universitas, dan Dekan. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner dan menggunakan skala ordinal sebagai skala pengukurannya. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap kuesioner yang terkumpul. Selanjutnya data dikonversi dalam skala interval, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan SEM – PLS.

Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa : (1) Secara simultan terdapat pengaruh signifikan good university governance, efektifitas audit internal, dan komitmen organisasional terhadap partisipasi penganggaran . Secara parsial hanya good university governance dan komitmen organisasional yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi penganggaran. Sedangkan efektifitas audit internal tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi penganggaran , (2)   Terdapat pengaruh signifikan good university governance, efektifitas audit internal, komitmen organisasional , partisipasi penganggaran terhadap kinerja manajerial baik secara simultan maupun secara parsial.

Kata Kunci : good university governance, efektifitas audit internal, komitmen organisasional , partisipasi penganggaran kinerja manajerial