Mukhzarudfa | 120130080028 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN SAHAM, STRUKTUR PENGELOLAAN, TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP REAKSI PASAR (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)

NAMA : Mukhzarudfa
NPM : 120130080028

Ketua Promotor : Prof. Dr. Hj. Ilya Avianti, S.E., M.S., Ak
Anggota Promotor : Prof. Dr. Azhar Susanto, S.E.M.Bus.Ak.,CPA
Anggota Promotor : Dr. H. Memed Sueb,S.E.,M.S.,Ak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh beberapa mekanisme tata kelola terhadap kualitas pelaporan keuangan dan implikasinya terhadap rekasi pasar di pasar modal Indonesia. Mekanisme tata kelola yang diuji meliputi: kepemilikan publik, kepemilikan institusi domestik, kepemilikan institusi asing, ukuran direksi, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit dan komisaris independen, mekanisme ini diduga memberikan pengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan yang pada akhirnya diduga memberikan pengaruh terhadap reaksi pasar.

Objek dalam penelitian ini adalah struktur kepemilikan, struktur pengelolaan, kualitas pelaporan keuangan, dan reaksi pasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif, tipe penelitiannya adalah basik and applied research, unit analisisnya adalah 147 industri manfuaktur yang listing diBursa Efek Indonesia dari tahun 2008 sampai dengan 2010. Teknik pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder dengan menganalisis laporan yang berasal dari ICMD dan annual report perusahaan sampel. Data yang telah dikumpulkan dianalis menggunakan Structural Equation Model (SEM).

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa struktur kepemilikan dan struktur pengelolaan secara bersama-sama dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia. Kualitas pelaporan keuangan memberikan pengaruh terhadap reaksi pasar pada perusahaan manufaktur publik di Bursa Efek Indonesia.

Kata-kata kunci: Struktur Kepemilikan, Struktur Pengelolaan, Kualitas Pelaporan Keuangan, Reaksi Pasar.