Sukmadi | 120130080001 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATION TERHADAP CITRA OBYEK WISATA JAWA BARAT SERTA PERANNYA DALAM MEMBANGUN POSITIVE WORD OF MOUTH COMMUNICATION (WOM)

NAMA : Sukmadi
NPM : 120130080001

Ketua Promotor : Prof.Dr.H. Faisal Afif, SE.,Spec.,Lict
Anggota Promotor : Popy Rufaidah, SE.,MBA.,Ph.D.
Anggota Promotor : Kodrat Wibowo, SE.,MA.,Ph.D.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh hasil kajian mengenai proactive marketing public relation, reactive marketing public relation, citra objek wisata dan positive word of mouth communication, terungkapnya suatu kajian yang didasarkan pada hasil pengujian tentang  pengaruh proactive marketing public relation terhadap citra objek wisata,  pengaruh reactive marketing public relation terhadap citra objek wisata,  pengaruh citra objek wisata terhadap positive word of mouth communication,  pengaruh proactive marketing public relation terhadap positive word of mouth communication melalui citra objek wisata dan pengaruh reactive marketing public relation terhadap positive word of mouth communication melalui citra objek wisata di Jawa Barat.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian descriptive dan explanatory survey. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan observasi di lapangan. Hasil pengumpulan data dengan sumber data primer diperoleh dari jumlah  sampel sebanyak 200 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM).

Ditinjau dari masing-masing indikator, hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian terhadap  proactive marketing public relation, reactive marketing public relation, citra objek wisata dan positive word of mouth communication pada objek wisata di Jawa Barat termasuk ke dalam kategori baik. Dari hasil pengujian statistik diketahui bahwa proactive marketing public relation terhadap citra objek wisata, reactive marketing public relation memiliki pengaruhterhadap citra objek wisata,  citra objek wisata memiliki pengaruh terhadap positive word of mouth communication, proactive marketing public relation memiliki pengaruh terhadap positive word of mouth communication melalui citra objek wisata dan pengaruh reactive marketing public relation terhadap positive word of mouth communication melalui citra objek wisata di Jawa Barat.

Kata Kunci : Proactive marketing public relation, Reactive marketing public relation, Citra objek wisata,  Positive word of mouth communication