Angrita Denziana | 120130080024 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH KUALITAS KOMITE AUDIT DAN OBJEKTIVITAS AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN (Survei pada BUMN di Indonesia)

NAMA : Angrita Denziana
NPM : 120130080024

Ketua Promotor : Prof.Dr. Azhar Susanto, SE.,M.Buss.,Ak.,Cpa
Anggota Promotor : Prof.Dr.Hj. Ilya Avianti, SE.,M.Si.,Ak.,Cpa
Anggota Promotor : Dr. Srihadi W. Zarkasyi, SE.,M.Si.,Ak

Abstrak

Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan, dan akhir dari proses akuntansi yg berperan penting bagi pengukuran dan penilaian kinerja perusahaan yg menunjukkan pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumberdaya yg memerlukan informasi yg berkualitas, dan bebas dari rekayasa. Beberapa kasus baik di tingkat nasional maupun internasional menunjukkan terjadinya penyimpangan dalam pelaporan keuangan yang disebabkan karena lemahnya sistem pengendalian intern perusahaan, dan komite audit belum berfungsi secara optimal, sehingga menyebabkan rendahnya kualitas pelaporan keuangan.

Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori. Pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan pendistribusian kuesioner pada BUMN di Indonesia dengan responden penelitian adalah komite audit, auditor internal dan direktur keuangan. Sebelum data digunakan untuk menguji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis deskriptif partial lisquare modeling.

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, 1) kualitas komite audit dan objektivitas auditor internal berpengaruh terhadap pencegahan fraudulent financial reporting, 2) kualitas komite audit, objektivitas auditor internal dan pencegahan fraudulent financial reporting berpengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan.

Kata kunci: Kualitas komite audit, objektifitas auditor internal, penyimpangan dalam pelaporan keuangan, dan kualitas pelaporan keuangan