Novie Susanti Suseno | 120130080037 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH INDEPENDENSI AKUNTAN PUBLIK, FEE AUDIT DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KUALITAS AUDIT SERTA DAMPAKNYA TERHADAP REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Survei pada Kantor Akuntan Publik Anggota Forum Akuntan Pasar Modal Indonesia)

NAMA : Novie Susanti Suseno
NPM : 120130080037

Ketua Promotor : Prof.Dr. Azhar Susanto, SE.,M.Buss.,Ak.,Cpa
Anggota Promotor : Dr. Srihadi Wirnaningsih, SE.,MS.,Ak
Anggota Promotor : Dr. Hj. Poppy Sofia K.,SE.,Msa.,Ak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pandangan bahwa di era persaingan yang sangat kompetitif, reputasi merupakan faktor kunci untuk menjamin keberlanjutan usaha suatu perusahaan. Selanjutnya
kemampuan perusahaan untuk mampu menghasilkan layanan yang berkualitas merupakan faktor penentu keberhasilan bagi semua perusahaan penyedia jasa profesional, mengingat kualitas layanan sangat penting untuk membangun reputasi perusahaan. Hal tersebut tentunya berlaku pula bagi kantor akuntan publik, dimana kualitas layanan merupakan inti dari strategi bisnis dan penting untuk menjaga kepercayaan publik. Oleh karena itu kemampuan suatu kantor akuntan publik untuk menghasilkan audit yang berkualitas merupakan kunci dalam meningkatkan dan memelihara reputasinya. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis memandang perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap reputasi kantor akuntan publik.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh independensi akuntan publik, fee audit, ukuran kantor akuntan publik terhadap kualitas audit serta dampaknya terhadap reputasi kantor akuntan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis data survei.Adapun populasi sasarannya adalah kantor akuntan publik anggota Forum Akuntan Pasar Modal (FAPM) Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 73 kantor akuntan publik. Pengujian hipotesis penelitian adalah menggunakan path analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi akuntan publik berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, fee audit berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, ukuran kantor akuntan publik berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, dan kualitas audit berpengaruh secara signifikan terhadap reputasi kantor akuntan publik. Adapun independensi akuntan publik memiliki pengaruh terbesar terhadap kualitas audit.

Kata Kunci : Independensi Akuntan Pubik, Fee Audit, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Kualitas Audit, Reputasi Kantor Akuntan Publik.