Nono Supriatna | 120130080045 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN (Survey pada Unit0unit Kebun Di PT Perkebunan Nusantara VIII Persero Jawa Barat)

NAMA : Nono Supriatna
NPM : 120130080045

Ketua Promotor : Prof.Dr.Hj.Ria Ratna Ariawati.,SE.,MS,Ak.
Anggota Promotor : Prof.Dr. Hj. Umi Narimawati, SE.,MS.
Anggota Promotor : Dr. Hj. Roebiandini S., SE,MS,Ak.

Abstrak
Isue sentral dalam penelitian ini adalah adanya kecenderungan belum optimalnya implementasi sistem pengendalian manajemen yang dilaksanakan pada manajemen tingkat menengah di lingkungan BUMN, termasuk sektor perkebunan.  Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari pengaruh diantaranya  kompetensi, komitmen organisasional, budaya organisasional terhadap sistem pengendalian manajemen dan dampaknya pada kinerja perusahaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan verificative explanation research dan sampling sensus terhadap 40 administratur unit kebun di lingkungan PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan analisis jalur (path analysis) metode Partial Least Square – (PLS).

Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh temuan bahwa kompetensi administratur, komitmen organisasional, budaya organisasional, dan kinerja perusahaan di unit-unit perkebunan di PTPN VIII sudah tergolong kategori tinggi. Berdasarkan analisis verifikatif diperoleh temuan bahwa kompetensi, komitmen organisasional, dan budaya organisasional berpengaruh positif terhadap sistem pengendalian manajemen yang diterapkan pada unit-unit perkebunan di PTPN VIII. Kompetensi, komitmen organisasional,  budaya organisasional, dan sistem pengendalian manajemen berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan pada unit-unit perkebunan di PTPN VIII.