M.Arief Mufraini | 120130080014 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : KETERKAITAN KEPERCAYAAN INVESTOR DAN STABILITAS OPERASIONAL TERHADAP STRATEGI PEMBIAYAAN SUATU STUDI PADA BANK ISLAM DI ASIA
Nama : M.Arief Mufraini
NPM : 120130080014
Ketua Promotor : Prof. Dr. Hj. Ina Primiana, SE, MT
Anggota Promotor : Dr. H. Sulaeman Rahman N, SE, MBA
Anggota Promotor : Dr. Herry Achmad Buchory, SE, MM

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu ekonomi dalam mengeksplorasi bidang manajemen bank. Hipotesis yang dikembangkan adalah konsentrasi-stabilitas dan stabilitas-kompetisi pada bank.Penelitian ini memverifikasi variabel stabilitas operasional bank syariah di Asia dan interaksinya terkait dengan variabel kepercayaan investor dan variabel strategi pembiayaan. Secara konseptual hubungan yang seharusnya terbangun antara bank syariah dengan deposannya adalah partnership. Strategi pembiayaan yang dikembangkan pada bank syariah seharusnya mengarah kepada sistim bagi hasil.

Jumlah sample yang diambil sebanyak 87 bank syariah yang tersebar di Asia, dengan memanfaatkan model formatif murni partial least square (PLS), hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kepercayaan investor dan stabilitas operasional, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan investor dan stabilitas operasional terhadap  strategi pembiayaan dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan investor terhadap strategi pembiayaan melalui stabilitas operasional.

Proksi formatif yang signifikan mewakili kepercayaan investor adalah deposits to total asset dan dana pihak ketiga. Sedang proksi formatif yang signifikan mewakili stabilitas operasional adalah equity to total asset ratio, return on asset, return on equity, total asset growth and liquid asset to total asset ratio. Proksi formatif yang siginifikan mewakili variabel strategi pembiayaan adalah pembiayaan berbasis margin dan pembiayaan investasi. Rasionalisasi temuan dalam penelitian ini adalah kasus pada perbankan Islam secara empiris memperkuat hipotesis konsentrasi-stabilitas dan stabilitas-kompetisi sebagaimana pada bank konvensional dan bank syariah belum sepenuhnya patuh terhadap syariah.

Keyword : Kepercayaan investor, Stabilitas Operational, Strategi Pembiayaan dan Partial Least Square