Muhammad Dahlan | 120130080012 |

(Reading time: 1 minute)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH AUDIT INTERNAL DAN KEKETATAN ANGGARAN TERHADAP KUALITAS AKUNTANSI MANAJEMEN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN, DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN EKSTERNAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Survey pada BUMN di Indonesia)
Nama : Muhammad Dahlan
NPM : 120130080012
Ketua Promotor : Prof. Dr.H.M.Wahyudin Zarkasyi, SE.,MS.,Ak
Anggota Promotor : Prof.Dr.Azhar Susanto,SE.,M.Bus.,Ak
Anggota Promotor : Dr.Hj.Roebiandini Sumantri,SE.,MS.,Ak

ABSTRAK
Kinerja perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belum sesuai dengan harapan masyarakat. Untuk meningkatkan daya saing bisnis, manajemen melakukan upaya-upaya pembenahan audit internal dan keketatan anggaran sehingga berdampak pada kualitas akuntansi manajemen sebagai konsekuensi dari ketidakpastian lingkungan eksternal yang tinggi.
Objek penelitian ini yaitu Audit Internal, Keketatan Anggaran, Ketidakpastian Lingkungan Eksternal, Kualitas Akuntansi Manajemen dan Kinerja Perusahaan. Metode penelitian eksplanatori digunakan dengan melibatkan 85 manajer perusahaan BUMN sebagai unit analisis yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan analisis jalur sebagai alat analisis data.
Hasil penelitian menyatakan mendukung hipotesis bahwa Audit Internal dan Keketatan Anggaran berpengaruh terhadap Kualitas Akuntansi Manajemen dan dampaknya pada Kinerja Perusahaan. Selanjutnya, hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa interaksi antara Keketatan Anggaran dan Kualitas Akuntansi Manajemen dengan Ketidakpastian Lingkungan Eksternal tidak berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan.