Elvira Luthan | L3E050021 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : ANALISIS HUBUNGAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DENGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN, SERTA KUALITAS TATA KELOLA, UKURAN PERUSAHAAN DAN JENIS INDUSTRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI(STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI)
Nama : Elvira Luthan
NPM : L3050021
Ketua Promotor : Prof. Dr. Ria Ratna Ariawati, SE., Ak., MS.
Anggota Promotor : Dr. Sumarno Zain, SE., MBA., Ak.
Anggota Promotor : Dr. Kandi Sofia Senastri, SE., MBA., Ak.

ABSTRAK
Topik tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) belum banyak didiskusikan di Indonesia. CSR baru berkembang pesat dan banyak didiskusikan setelah pemerintah mengeluarkan UU No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lain, implementasinya di Indonesia masih sangat rendah, masuk peringkat terakhir diantara sesama Negara Asia Tenggara (Chappel & Moon,2005). Alasan masih banyak didiskusikan karena tidak konsistennya hasil penelitian tentang hubungan CSR dengan kinerja keuangan. Standar akutansi keuangan di Indonesia belum mewajibkan semua perusahaan untuk mengungkapkan informasi sosial, namun pelaporan non keuangan ini telah diakomodasi dalam PSAK (Pernyataan Standar Akutansi Keuangan).
Kelebihan dan kebaruan penelitian ini dibandingkan dengan penelitian lain adalah dikaitkannya CSR dan kinerja keuangan, dengan variabel pemoderasi kualitas tata kelola perusahaan (kualitas GCG), ukuran perusahaan dan jenis industri. Sampai saat ini belum ada penelitian yang dipublikasikan yang membahas ke tiga variabel ini secara bersamaan. Begitu juga secara internasional, kajian tentang CSR belum banyak yang dikaitkan dengan ke tiga variabel tersebut.
Jadi sangat besar peluang hasil penelitian ini bermanfaat dan berkontribusi terhadap akademis, pemerintah dan emiten pasar modal. Populasi penelitian adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sesuai dengan IDX Fact Book 2007, ada 343 perusahaan yang terdaftar. Target populasi penelitian diambil berdasarkan kelengkapan data yang dibutuhkan untuk analisis. Jumlah populasi target akhir sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah 44 perusahaan.
Hipotesis penelitian diuji menggunakan metode regresi berganda dan MRA (moderate regression analysis). MRA merupakan bentuk regresi yang dirancang secara hirarki untuk menentukan hubungan antara dua variabel yangdipengaruhi oleh variabel ketiga atau moderating. Dengan menggunakan software SMART Partial Least Square hasil analisis data menyimpulkan bahwa (a) tanggung jawab sosial perusahaan berkorelasi positif dengan kinerja keuangan, (b) kualitas GCG dan ukuran perusahaan dapat memperkuat hubungan CSR dan kinerja keuangan, (c) Jenis industri tidak dapat memperkuat hubungan CSR dan kinerja keuangan. Jika dikaitkan dengan konsep tiga prinsip dasar (triple bottom lines = TBL), hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa aktivitas CSR pada perusahaan populasi target lebih berfokus pada aspek profit dan people, sedangkan aspek planet kurang mendapat perhatian.