Elvira Zeyn | 120130090011 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT INTERNAL SERTA IMPLIKASINYA PADA KUALITAS AKUNTABILITAS KEUANGAN (SURVEI PADA INSPEKTORAT PEMERINTAH PROVINSI, KOTA, KABUPATEN DI JAWA BARAT DAN BANTEN)
Nama : Elvira Zeyn
NPM : 120130090011
Ketua Promotor : Prof. Dr. Azhar Susanto, SE., M.Buss, Ak.,CPA
Anggota Promotor : Dr. Hj. Nunuy Nur Afiah, SE.,MS.,Ak
Anggota Promotor : Dr. Hj. Poppy Sofia K, SE., MSA., Ak


ABSTRAK
Kebutuhan audit pada pemerintah daerah sebenarnya didasari oleh adanya tuntutan akuntabilitas publik terhadap entitas pemerintah oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik (good government governance). Peranan pengawasan intern pemerintah merupakan fungsi manajemen yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan baik di pusat maupun daerah. Kualitas audit internal pemerintah sangat penting, karena dengan kualitas audit internal akan meningkatkan akuntabilitas keuangan sehingga akan dihasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya sebagai dasar pengambilan keputusan oleh stakeholder’s. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas audit internal dan kualitas akuntabilitas keuangan, diantaranya independensi auditor internal dan kompetensi auditor internal.
Berdasarkan pada pemikiran tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh independensi auditor internal terhadap kualitas audit internal; (2) Pengaruh kompetensi auditor internal terhadap kualitas audit internal; (3) Pengaruh independensi auditor internal dan kompetensi auditor internal terhadap kualitas audit internal; (4) Pengaruh kualitas audit internal terhadap kualitas akuntabilitas keuangan.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dan tipe penelitian kausal yang dilakukan pada 36 Inspektorat Provinsi/Kota/Kabupaten di Jawa Barat dan Banten sebagai unit analisis, sedangkan unit observasinya adalahTim Audit yang terdiri dari, Inspektur, Inspektur Pembantu Wilayah, Ketua Tim Audit dan Anggota Tim Audit. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner dan menggunakan skala ordinal sebagai skala pengukurannya. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap kuesioner yang terkumpul. Selanjutnya data dikonversi dalam skala interval, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Path Analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh independensi auditor internal terhadap kualitas audit internal; (2) terdapat pengaruh kompetensi auditor internal terhadap kualitas audit internal; (3) terdapat pengaruh independensi auditor internal dan kompetensi auditor internal terhadap kualitas audit internal; (4) terdapat pengaruh kualitas audit internal terhadap kualitas akuntabilitas keuangan.