Romansyah Sahabudin | 120130070012 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

UDUL DISERTASI : PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP BERWIRAUSAHA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA USAHA (SUTAU SURVERI PADA WIRAUSAHAWAN RUMPUT LAUT SKALA KECIL DI PROVINSI SULAWESI SELATAN)
Nama : Romansyah Sahabudin
NPM : 120130070012
Ketua Promotor : Prof.Dr.Hj. Ernie Tisnawati Sule, SE.,M.Si
Anggota Promotor :  Prof.Dr.H. Suryana Sumantri, S.PSi.,MP
Anggota Promotor :  Dr. R. Rina Novianty, SE.,M.Si

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris dan menemukan kejelasan tentang fenomena pengaruh motivasi berprestasi dan efikasi diri terhadap komitmen berwirausaha pada wirausahawan rumput laut serta dampaknya pada kinerja usaha rumput laut skala kecil di Provinsi Sulawesi Selatan.
Metode yang digunakan adalah penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengetahui penilaian responden wirausahawan rumput laut skala kecil terhadap variabel-variabel yang dikaji. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif-verifikatif.
Ukuran sampel sebesar 387 responden yang diambil melalui teknik proportional cluster random sampling dari populasi sasaran sebanyak 11370 wirausahawan rumput laut skala kecil yang tersebar di sepuluh kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan analisis pemodelan persamaan struktural atau structural equation modeling (SEM) sesuai kerangka model yang tersusun melalui model pengukuran dan model struktural hubungan kausal antar variabel.
Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa pada umumnya penilaian responden pada setiap dimensi dari masing-masing variabel penelitian berkategori cukup tinggi. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) motivasi berprestasi dan efikasi diri baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap komitmen berwirausaha pada wirausahawan rumput laut. 2) komitmen berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha rumput laut. 3) motivasi berprestasi dan efikasi diri berpengaruh terhadap kinerja usaha rumput laut. 4) motivasi berprestasi dan efikasi diri berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja usaha melalui komitmen berwirausaha pada wirausahawan rumput laut di provinsi Sulawesi Selatan.
Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa komitmen berwirausaha memiliki kontribusi pengaruh yang lebih dominan dari motivasi berprestasi dan efikasi diri terhadap kinerja usaha, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui komitmen berwirausaha. Untuk itu program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan mampu menginternalisasi nilai-nilai kepribadian kewirausahaan pada wirausahawan rumput laut skala kecil yang didasarkan pada motivasi berprestasi, efikasi diri, komitmen berwirausaha dalam upaya meningkatkan kinerja usaha rumput laut skala kecil.