Stenly J. Ferdinandus | 120130080011 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : ANALISIS PENGHIMPUNAN DANA DAN PENYALURAN KREDIT TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DANMENENGAH ( SUATU KASIH PADA BANK-BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2010)
Nama : Stenly J. Ferdinandus
NPM : 120130080011
Ketua Promotor : Prof. Dr. Hj. Rina Indiastuti, SE., MSIE.
Anggota Promotor : Dr. Sumarno Zain, MBA., Ak.
Anggota Promotor : Dr. H. Tatang Sulaeman, SE.

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh tingkat bunga, inflasi, produk domestik bruto, dan pengangguran di Indonesia berpengaruh terhadap jumlah dana pihak ketiga yang terserap oleh bank, dan menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh ukuran bank, risiko bank, likuiditas, dana pihak ketiga, rasio kecukupan modal, leverage, dan jumlah kantor cabang berpengaruh terhadap penyaluran kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang disalurkan bank. Penelitian ini bersifat verifikatif dengan uji hipotesis, melalui pendekatan kuantitatif. Unit analis yang digunakan yaitu seluruh bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder untuk kemudian diolah menggunakan Random Effect Model (REM) dan Fixed Effect Model (FEM).
Hasil menunjukan bahwa : 1). tingkat bunga dan pengangguran berpengaruh negatif, sedangkan produk domestik bruto berpengaruh positif terhadap penghimpunan dana masyarakat. 2). ukuran bank, dana pihak ketiga, rasio utang dan jumlah kantor cabang  berpengaruh positif, sedangkan likuiditas dan rasio kecukupan modal berpengaruh negatif terhadap penyaluran kredit UMKM.
Temuan dari penelitian ini yaitu ; 1) suku bunga  bank tidak menjadi patokan untuk masyarakat meyimpan dananya dibank, sehingga bank memiliki dana lebih untuk penyaluran kredit UMKM. 2). masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap, cocok untuk berwirausaha sehingga mendorong peningkatan kredit UMKM, 3). jumlah kantor cabang yang tersebar sampai ke pedesaan sebagai faktor utama dalam penyaluran kredit mikro.