Sutisna | 120130080010 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : MODEL KINERJA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO NON-PERBANKAN (STUDI PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI PROPINSI JAWA BARAT)
Nama : Sutisna
NPM : 120130080010
Ketua Promotor : Prof. Dr. Ernie Tisnawati Sule, SE., MS
Anggota Promotor : Dr. Martha Fani Cahyandito, SE., MSc
Anggota Promotor : Dr. Ir. Tri Utomo Wiganarto, MM

ABSTRAK
Judul Disertasi mengangkat tema sentral Model Kinerja. Studi ini meneliti fenomena-fenomena, landasan teori dan fakta empiris yang berkaitan dengan Kinerja Organisasi Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di Jawa Barat dan faktor-faktor determinan yang mempengaruhinya yaitu variabel Orientasi Kewirausahaan, Budaya Organisasi, dan Strategi Bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi variabel penelitian dan sejauh mana pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Budaya Organisasi terhadap Strategi Bisnis maupun pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi baik secara langsung maupun melalui Strategi Bisnis. Metoda yang digunakan adalah eksplanatori melalui pendekatan survey, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengetahui penilaian responden pengelola Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di Jawa Barat terhadap variabel-variabel penelitian. Ukuran sampel sebesar 107 responden yang diambil melalui teknik Simple Random Sampling dari populasi sebanyak 291 KJKS di Jawa Barat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif berdasarkan skor penilaian responden dan dilanjutkan dengan menganalisis pengaruh dengan menggunakan analisis pemodelan persamaan structural atau Structural Equation Modeling (SEM) sesuai kerangka model yang tersusun melalui model pengukuran dan model struktural hubungan kausal antar variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan sebesar 59,80% terhadap strategi bisnis. Secara parsial orientasi kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap strategi bisnis sebesar 25,59%, dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap strategi bisnis sebesar 12,25%. Orientasi kewirausahaan, budaya organisasi dan strategi bisnis secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan sebesar 79,94%. Adapun secara parsial total pengaruh terhadap kinerja KJKS adalah dari orientasi kewirausahaan sebesar 15,10%, dari budaya organisasi 13,98%, dan dari strategi bisnis 34,62%.