Jacky Sigfried Berty Sumarauw | 120130080038 |

(Reading time: 1 - 2 minutes)

JUDUL DISERTASI : PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA INDUSTRI PENGOLAHAN KELAPA DI PROPINSI SULAWESI UTARA
Nama : Jacky Sigfried Berty Sumarauw
N P M : 120130080038
Ketua Promotor : Prof. Dr. Hj. Ina Primiana, SE, MT.
Anggota Promotor : Dr. Hj. Umi Kaltum, SE, MS.
Anggota Promotor : Septiadi Padmadisastra, Ph.D.

ABSTRAK
Pembangunan industri merupakan salah satu aspek perekonomian yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Akhir-akhir ini, hal tersebut terus diupayakan dan ditingkatkan dalam rangka meningkatkan daya saing perekonomian bangsa di tingkat global. Untuk mencapai hal tersebut, maka setiap industri baik kecil,menengah, maupun besar harus memiliki keunggulan bersaing sehingga bisa mengoptimalkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari manajemen rantai pasokan terhadap keunggulan bersaing serta dampaknya terhadap kinerja perusahaan, pada industri kelapa di propinsi Sulawesi utara. Dimana variabel manajemen rantai pasokan dibagi dalam tiga dimensi yaitu customer relationship management (CRM), Internal supply chain management (ISCM), dan supplier relationship management (SRM). Selain itu dalam penelitian ini juga diuji efek moderasi dari ukuran dan usia perusahaan terhadap hubungan variabel keunggulan bersaing dengan variabel kinerja perusahaan.

Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif, dengan menggunakan metode sensus dalam penentuan sampel.Polpulasi yang digunakan adalah seluruh industri kelapa dipropinsi Sulawesi utara. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner bagi pimpinan perusahaan, sedangkan untuk pengolahan data mengunakan partial least square (PLS) dengan software XLStat 2011.

Secara deskriptif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara umum manajemen rantai pasokan, keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan pada industri kelapa di propinsi Sulawesi utara sudah memuaskan. Sedangkan hasil uji
statistik memperlihatkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap keunggulan bersaing pada industri kelapa dipropinsi Sulawesi utara. dengan R2 sebesar 0,65 %. 2) Terdapat pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap kinerja perusahaan pada industri kelapa dipropinsi Sulawesi utara. dengan R2 sebesar 12,0 %. 3) Terdapat pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan pada industri kelapa dipropinsi Sulawesi utara dengan R2 sebesar 64,0 %. 4) Hubungan keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan pada industri kelapa di propinsi Sulawesi utara berbeda menurut ukuran dan usia perusahaan. dan 5) Terdapat pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing pada industri kelapa di propinsi Sulawesi utara dengan R2 sebesar 85,2 %.